Selasa, 21 November 2017

Produk Kreatif dan Kewirausahaan Produksi dan Siaran Program Televisi

KI dan KD SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Televisi (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produksi dan Siaran Program Televisi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produksi dan Siaran Program Televisi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami sikap dan perilaku wirausahawan
4.1    Memresentasikan sikap dan
perilaku wirausahawan
3.2    Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
4.2    Menentukan peluang usaha
produk barang/jasa
3.3    Memahami hak atas kekayaan intelektual
4.3    Memresentasikan hak atas
kekayaan intelektual
3.4    Menganalisis konsep desain/ prototype dan kemasan produk barang/jasa
4.4    Membuat desain/ prototype dan kemasan produk
barang/jasa
3.5    Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.5    Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype
produk barang/jasa
3.6    Menganalisis lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
4.6    Membuat lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
3.7    Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/ jasa
4.7    Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
3.8    Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.8    Membuat prototype produk
barang/jasa
3.9    Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa
4.9    Menguji prototype produk barang/jasa
3.10  Menganalisis perencanaan produksi massal
4.10  Membuat perencanaan produksi massal
3.11  Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
4.11  Membuat indikator keberhasilan tahapan
produksi massal
3.12  Menerapkan proses produksi massal
4.12  Melakukan produksi massal
3.13  Menerapkan metoda perakitan produk barang/ jasa
4.13  Melakukan perakitan produk barang/jasa
3.14  Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
4.14  Melakukan pengujian produk
barang/jasa
3.15  Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
4.15  Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria
kelayakan produk/ standar operasional
3.16  Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
4.16  Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau
persuasif tentang produk/jasa
3.17  Menentukan media promosi
4.17  Membuat media promosi
berdasarkan segmentasi pasar
3.18  Menyeleksi strategi pemasaran
4.18  Melakukan pemasaran
3.19  Menilai perkembangan usaha
4.19  Membuat bagan perkembangan usaha
3.20  Menerapkan standard laporan keuangan
4.20  Membuat laporan keuangan
3.21  Merencanakan riset dan pengembangan usaha produk barang/jasa baru
4.21  Merancang produk/ jasa baru
yang akan dijalankan
3.22  Menganalisis proposal usaha
4.22  Menyusun proposal usaha produk barang/ jasa
3.23  Menerapkan pengorganisasian usaha produk barang/jasa
4.23  Mengorganisasikan kegiatan usaha produk barang/jasa
3.24  Merancang anggaran biaya usaha produk barang/jasa
4.24  Membuat anggaran kegiatan usaha produk barang/jasa
3.25  Mengevaluasi desain dan kemasan produk barang/ jasa
4.25  Mengembangkan desain dan kemasan produk barang/jasa
3.26  Menganalisis proses produksi barang/jasa
4.26  Melakukan proses produksi barang/jasa
3.27  Menganalisis standar laporan keuangan
4.27  Menyempurnakan laporan keuangan
3.28  Mengevaluasi keberhasilan usaha
4.28  Melakukan perbaikan usaha
produk barang/jasa
3.29  Menganalisis pengembangan usaha
4.29  Mengembangkan usaha
produk barang/jasa
3.30  Menganalisis strategi pemasaran produk barang/ jasa
4.30  Mengreasikan strategi pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar