KI dan KD SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Televisi (C3)
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Televisi (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produksi dan Siaran Program Televisi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produksi dan Siaran Program Televisi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produksi dan Siaran Program Televisi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produksi dan Siaran Program Televisi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami sikap dan perilaku wirausahawan
|
4.1 Memresentasikan sikap dan
perilaku
wirausahawan
|
3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
|
4.2 Menentukan peluang usaha
produk
barang/jasa
|
3.3 Memahami hak atas kekayaan intelektual
|
4.3 Memresentasikan hak atas
kekayaan
intelektual
|
3.4 Menganalisis konsep desain/ prototype dan
kemasan produk barang/jasa
|
4.4 Membuat desain/ prototype dan kemasan
produk
barang/jasa
|
3.5 Menganalisis proses kerja pembuatan
prototype produk barang/jasa
|
4.5 Membuat alur dan proses kerja pembuatan
prototype
produk
barang/jasa
|
3.6 Menganalisis lembar kerja/ gambar kerja
untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
|
4.6 Membuat lembar kerja/ gambar kerja untuk
pembuatan prototype produk barang/jasa
|
3.7 Menganalisis biaya produksi prototype
produk barang/ jasa
|
4.7 Menghitung biaya produksi prototype produk
barang/jasa
|
3.8 Menerapkan proses kerja pembuatan prototype
produk barang/jasa
|
4.8 Membuat prototype produk
barang/jasa
|
3.9 Menentukan pengujian kesesuaian fungsi
prototype produk barang/jasa
|
4.9 Menguji prototype produk barang/jasa
|
3.10 Menganalisis perencanaan produksi massal
|
4.10 Membuat perencanaan
produksi massal
|
3.11
Menentukan
indikator keberhasilan tahapan produksi massal
|
4.11 Membuat indikator
keberhasilan tahapan
produksi massal
|
3.12 Menerapkan proses
produksi massal
|
4.12 Melakukan
produksi massal
|
3.13
Menerapkan
metoda perakitan produk barang/ jasa
|
4.13 Melakukan perakitan
produk barang/jasa
|
3.14
Menganalisis
prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
|
4.14
Melakukan
pengujian produk
barang/jasa
|
3.15
Mengevaluasi
kesesuaian hasil produk dengan rancangan
|
4.15 Melakukan pemeriksaan
produk sesuai dengan kriteria
kelayakan
produk/ standar operasional
|
3.16
Memahami
paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
|
4.16 Menyusun paparan
deskriptif, naratif, argumentatif, atau
persuasif
tentang produk/jasa
|
3.17 Menentukan
media promosi
|
4.17
Membuat
media promosi
berdasarkan
segmentasi pasar
|
3.18
Menyeleksi
strategi pemasaran
|
4.18
Melakukan
pemasaran
|
3.19 Menilai perkembangan
usaha
|
4.19 Membuat bagan
perkembangan usaha
|
3.20
Menerapkan
standard laporan keuangan
|
4.20
Membuat
laporan keuangan
|
3.21
Merencanakan
riset dan pengembangan usaha produk barang/jasa baru
|
4.21
Merancang
produk/ jasa baru
yang akan
dijalankan
|
3.22
Menganalisis
proposal usaha
|
4.22 Menyusun proposal usaha
produk barang/ jasa
|
3.23
Menerapkan
pengorganisasian usaha produk barang/jasa
|
4.23 Mengorganisasikan
kegiatan usaha produk barang/jasa
|
3.24 Merancang anggaran biaya
usaha produk barang/jasa
|
4.24 Membuat anggaran kegiatan
usaha produk barang/jasa
|
3.25
Mengevaluasi
desain dan kemasan produk barang/ jasa
|
4.25 Mengembangkan desain dan
kemasan produk barang/jasa
|
3.26 Menganalisis proses
produksi barang/jasa
|
4.26 Melakukan proses produksi
barang/jasa
|
3.27
Menganalisis
standar laporan keuangan
|
4.27 Menyempurnakan laporan
keuangan
|
3.28
Mengevaluasi
keberhasilan usaha
|
4.28
Melakukan
perbaikan usaha
produk
barang/jasa
|
3.29
Menganalisis
pengembangan usaha
|
4.29
Mengembangkan
usaha
produk
barang/jasa
|
3.30
Menganalisis
strategi pemasaran produk barang/ jasa
|
4.30 Mengreasikan strategi
pemasaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar