Selasa, 21 November 2017

Manajemen Produksi, Penulisan Naskah, dan Penyutradaraan Produksi dan Siaran Program Televisi

KI dan KD SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi
Mata Pelajaran : Manajemen Produksi, Penulisan Naskah, dan Penyutradaraan
Jam Pelajaran : 596 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Televisi (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produksi dan Siaran Program Televisi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produksi dan Siaran Program Televisi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami lingkup kerja divisi
Manajemen Produksi
4.1 Mempresentasikan lingkup
kerja divisi Manajemen
Produksi
3.2 Memahami tahapan-tahapan produksi
4.2 Mempresentasikan tahapan- tahapan produksi
3.3 Menerapkan prosedur kontrak kerja kru, pemain dan pihak lain
4.3 Melaksanakan kontrak kerja kru, pemain dan pihak lain
3.4 Menerapkan jadwal produksi
4.4 Membuat jadwal produksi
3.5 Menganalisis kebutuhan bahan dan alat produksi program televisi
4.5 Mengontrol kebutuhan bahan
dan alat produksi program televisi
3.6 Menghitung biaya produksi
4.6 Mengatur biaya produksi
3.7 Menerapkan tahapan penyusunan desain produksi
4.7 Membuat desain produksi
3.8 Menerapkan tahapan penyusunan laporan produksi
4.8 Membuat laporan produksi
3.9 Menerapkan prosedur pengawasan proses produksi program televisi
4.9 Melakukan prosedur pengawasan proses produksi program televisi
3.10 Menerapkan promosi, launching hasil produksi dan eksebisi
4.10 Melakukan promosi, launching
hasil produksi, dan eksebisi
3.11 Menerapkan tahapan pembuatan naskah berita televisi
4.11 Membuat naskah berita televisi
3.12 Menerapkan unsur naratif dalam produksi program televisi
4.12 Mengimplementasikan unsur
naratif dalam produksi program televisi
3.13 Menganalisis ide cerita yang akan diproduksi
4.13 Menyempurnakan ide cerita yang akan diproduksi
3.14 Menerapkan tahapan pembuatan ide pokok dan tema
4.14 Membuat ide pokok dan tema
3.15 Menerapkan prosedur riset dari ide yang akan diproduksi
4.15 Melakukan prosedur riset dari ide yang akan diproduksi
3.16 Menerapkan tahapan pembuatan basic story
4.16 Membuat basic story
3.17 Menerapkan langkah-langkah pembuatan sinopsis
4.17 Membuat sinopsis
3.18 Menganalisis plot/alur cerita
4.18 Menyusun plot/alur cerita
3.19 Menerapkan tahapan pembuatan treatment
4.19 Membuat treatment
3.20 Memahami setting cerita dan penokohan
4.20 Memilih setting cerita dan penokohan
3.21 Menerapkan tahapan penyusunan naskah program televisi non drama
4.21 Membuat naskah program
televisi non drama
3.22 Menerapkan tahapan penyusunan naskah program televisi drama
4.22 Membuat naskah program televisi drama
3.23 Memahami konsep penyutradaraan televisi
4.23 Mempresentasikan  konsep penyutradaraan televisi
3.24 Memahami peran, tugas dan wewenang seorang sutradara
4.24 Mempresentasikan peran, tugas dan wewenang seorang
sutradara
3.25 Memahami aspek-aspek
teknis penyutradaraan televisi
4.25 Mempresentasikan aspek-
aspek teknis penyutradaraan televisi
3.26 Menerapkan komunikasi bahasa verbal dan non verbal penyutradaraan televisi
4.26 Mempraktekan komunikasi bahasa verbal dan non verbal penyutradaraan televisi
3.27 Menganalisis naskah operasional
4.27 Membuat berbagai naskah
operasional
3.28 Menerapkan hunting dan survey lokasi
4.28 Melakukan hunting dan survey
lokasi
3.29 Menerapkan proses casting
4.29 Melaksanakan proses casting
3.30 Menerapkan proses reading
4.30 Melaksanakan proses reading
3.31 Menerapkan bloking pemain, bloking kamera, bloking microphone dan bloking cahaya
4.31 Melakukan bloking pemain,
bloking kamera, bloking microphone dan bloking cahaya
3.32 Menerapkan proses rehearsal
4.32 Melaksanakan proses rehearsal
3.33 Menerapkan production meeting
4.33 Melaksanakan production
meeting
3.34 Menerapkan pengarahan kepada kru, pemain dan pengisi acara
4.34 Melakukan pengarahan kepada kru, pemain dan pengisi acara
3.35 Menganalisis aspek motivasi dan informasi pada setiap shot
4.35 Mempertunjukan aspek
motivasi dan informasi pada setiap shot
3.36 Menerapkan penyutradaraan dengan pertimbangan (type of shot, camera angle, composition, cutting,
continuity)
4.36 Melakukan penyutradaraan dengan pertimbangan (type of
shot, camera angle, composition, cutting, continuity)
3.37  Menganalisis screen direction pada penyutradaraan program televisi
4.37 Mengimplementasikan screen direction pada penyutradaraan program televisi
3.38  Menerapkan penyutradaraan pada karya audio visual untuk program televisi menggunakan single/multy camera system
4.38 Menyutradarai pada karya audio visual untuk program
televisi  menggunakan single/multy camera system

1 komentar:

  1. thanks... sangat membantu ketika file dari kajur hilang hehehehe...

    BalasHapus