Selasa, 21 November 2017

Kamera, Pencahayaan, dan Tata Suara Produksi dan Siaran Program Televisi

KI dan KD SMK/MAK Kompetensi Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi
Mata Pelajaran : Kamera, Pencahayaan, dan Tata Suara
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Broadcasting dan Film
Kompetensi Keahlian : Produksi dan Siaran Program Televisi (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produksi dan Siaran Program Televisi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produksi dan Siaran Program Televisi. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami peran dan tugas operator kamera
4.1    Mempresentasikan peran dan tugas operator kamera
3.2    Memahami peran dan tugas penata cahaya
4.2    Mempresentasikan peran dan tugas penata cahaya
3.3    Menerapkan prosedur penggunaan perangkat pendukung kamera video
4.3    Mengoperasikan perangkat pendukung kamera video
3.4    Mengidentifikasi jenis-jenis media rekam kamera video
4.4    Memilih jenis-jenis media rekam kamera video
3.5    Menerapkan SOP
pengoperasian kamera video
4.5    Melakukan SOP
pengoperasian kamera video
3.6    Menganalisis dasar-dasar pencahayaan
4.6    Melakukan dasar-dasar pencahayaan
3.7    Menganalisis three point basic lighting
4.7    Merancang three point basic lighting
3.8    Menganalisis berbagai type of shot
4.8    Merancang berbagai type of shot
3.9    Menganalisis komposisi gambar
4.9    Merancang komposisi gambar
3.10  Menerapkan  perekaman gambar untuk program televisi (non drama) menggunakan single camera
4.10  Melaksanakan perekaman gambar untuk program televisi (non drama) menggunakan single camera
3.11  Menerapkan perekaman gambar untuk program televisi (drama) menggunakan single camera
4.11  Melaksanakan perekaman gambar untuk program televisi (drama) menggunakan single camera
3.12  Menganalisis Elemen shot
4.12  Membuat Elemen shot
3.13  Menganalisis cross shot dalam rangkaian gambar
4.13  Membuat cross shot dalam rangkaian gambar
3.14  Menganalisis continuity shot
dalam rangkaian gambar
4.14  Membuat continuity shot
dalam rangkaian gambar
3.15  Menganalisis berbagai camera angle dalam rangkaian gambar
4.15  Merancang berbagai camera angle dalam rangkaian gambar
3.16  Menganalisis berbagai camera movement
4.16  Merancang berbagai camera movement
3.17  Menganalisis berbagai karakteristik lighting pada rangkaian gambar
4.17  Merancang berbagai karakteristik lighting pada rangkaian gambar
3.18  Menganalisis setting multy camera system secara dasar
4.18  Melakukan setting multy camera system secara dasar
3.19  Menganalisis perekaman
4.19  Melakukan perekaman
gambar untuk program televisi
(non drama) menggunakan
multy camera system
gambar untuk program televisi (non drama)
menggunakan multy camera system
3.20  Menganalisis perekaman gambar untuk program televisi (drama) menggunakan multy camera system
4.20  Melakukan perekaman gambar untuk program televisi (drama) menggunakan multy camera system
3.21  Menganalisis arah cahaya
4.21  Mendesain arah cahaya
3.22  Menganalisis berbagai warna cahaya menggunakan filter
4.22  Membuat berbagai warna cahaya menggunakan filter
3.23  Menganalisis color temperature
4.23  Mengubah color temperature
3.24  Menganalisis rekayasa gambar menggunakan setting menu dan fitur kamera
4.24  Membuat rekayasa gambar menggunakan setting menu dan fitur kamera
3.25  Menganalisis laporan produksi
4.25  Menyusun laporan produksi
3.26  Memahami teori dasar audio dan tata suara
4.26  Mempresentasikan teori dasar audio dan tata suara
3.27  Menerapkan prosedur instalasi peralatan audio dan tata suara
4.27  Memasang peralatan audio dan tata suara
3.28  Menerapkan prosedur pengoperasian Perangkat audio
4.28  mengoperasikan perangkat audio
3.29  Menerapkan  perekaman suara sesuai dengan prosedur
4.29  Melakukan perekaman suara sesuai dengan prosedur
3.30  Menerapkan prosedur perekaman narasi / voice over
4.30  Melakukan perekaman narasi / voice over
3.31  Menganalisis rekaman foley
4.31  Membuat rekaman foley
3.32  Menerapkan spotting musik
4.32  Melakukan spotting musik
3.33  Menerapkan penempatan track
(track lying)
4.33  Melakukan penempatan track (track lying )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar