KI dan KD Mata Pelajaran Lakon Pedalangan Kompetensi Keahlian Seni Pedalangan Revisi 2017 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Seni Pedalangan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Lakon Pedalangan
Jam Pelajaran : 280 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Pedalangan
Kompetensi Keahlian : Seni Pedalangan (C3)
Mata Pelajaran : Lakon Pedalangan
Jam Pelajaran : 280 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Pedalangan
Kompetensi Keahlian : Seni Pedalangan (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Pedalangan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Pedalangan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Pedalangan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Pedalangan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami pengertian lakon/
cerita
wayang
|
4.1 Menyimpulkan lakon
|
3.2 Memahami sumber lakon/
cerita
wayang
|
4.2 Mengolah sumber cerita
|
3.3 Menganalisis penggolongan lakon/ cerita wayang.
|
4.3 Memformulasikan penggolongan lakon
wayang.
|
3.4 Menganalisis judul lakon/
cerita
wayang
|
4.4 Memformulasikan penggolongan lakon
wayang.
|
3.5 Menentukan tema lakon
|
4.5 Membuat tema lakon
|
3.6 Menentukan alur lakon
|
4.6 Membuat alur lakon
|
3.7 Menerapkan struktur adegan lakon
|
4.7 Membuat struktur adegan
|
3.8 Menganalisis lakon salah satu adegan dalam
cerita Mahabarata atau Ramayana
|
4.8 Menulis naskah lakon salah satu adegan
dalam cerita Mahabarata atau Ramayana
|
3.9 Menganalisis lakon fragmen dalam cerita
Mahabarata dan Ramayana
|
4.9 Menulis naskah lakon fragmen dalam cerita
Mahabarata dan Ramayana
|
3.10
Menganalisis
Lakon baku.
|
4.10
Memformulasikan
lakon baku.
|
3.11 Mengevaluasi Lakon
carangan.
|
4.11 Membuat
lakon carangan.
|
3.12
Menerapkan
sanggit pedalangan.
|
4.12 Memilih
sanggit pedalangan.
|
3.13 Menganalisis
lakon
|
4.13 Memformulasikan
lakon
|
3.14 Menerapkan bahasa dan
sastra pedalangan
|
4.14 Memilih bahasa dan
sastra pedalangan
|
3.15
Menganalisis
Naskah Lakon pakeliran ringkas dalam cerita Mahabarata.
|
4.15
Menulis
naskah lakon pakeliran ringkas dalam cerita Mahabharata.
|
3.16
Menganalisis
naskah lakon pakeliran ringkas dalam
cerita Ramayana
|
4.16
Menulis
naskah lakon pakeliran ringkas dalam cerita Ramayana
|
3.17 Mengevaluasi naskah
lakon pakeliran semalam dalam cerita Mahabarata.
|
4.17 Membuat naskah lakon
pakeliran semalam dalam cerita Mahabarata.
|
3.18
Mengevaluasi
naskah lakon pakeliran semalam
dalam cerita Ramayana
|
4.18
Membuat
naskah lakon pakeliran semalam dalam cerita Ramayana
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar