Mata Pelajaran : Sistem Keamanan Jaringan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) (4 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) (4 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA). Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA). Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep sistem keamanan jaringan
|
4.1
Mempresentasikan sistem
keamanan jaringan
|
12
|
J.611000.006.01
Merancang Keamanan Jaringan
|
Perekayasaan Jaringan Luas (WAN Engineering)
|
3.2 Memahami tools sistem keamanan jaringan
|
4.2
Mempresentasikan tools
sistem keamanan jaringan
|
12
|
|
Diusulkan skema baru kluster “Pengelola
Keamanan Jaringan ( Network Security) ”
|
3.3 Menerapkan prosedur Network scanning dan Port Scanning
|
4.3
Mempraktikkan Network
scanning dan Port Scanning
|
12
|
|
|
3.4 Menganalisis permasalahan Network
scanning dan Port Scanning
|
4.4
Memperbaiki
permasalahan Network scanning dan Port
Scanning
|
12
|
J.611000.016.02
Mengatasi Serangan pada Jaringan
|
|
3.5 Menerapkan prosedur Packet Filtering
|
4.5
Mempraktikkan Packet
Filtering
|
12
|
|
|
3.6 Menganalsis permasalahan Packet Filtering
|
4.6
Memperbaiki permasalahan
Packet Filtering
|
12
|
|
|
3.7 Menerapkan prosedur keamanan jaringan menggunakan proxy server
|
4.7
Mempraktikkan keamanan
jaringan menggunakan proxy server
|
12
|
TIK.JK04.010.01
Menginstalasi dan mengkonfigurasi
Proxy Server
|
|
3.8 Menganalisis data log proxy server
|
4.8
Merumuskan tindakan
berdasarkan data hasil analisa log proxy server
|
12
|
J.62090.020
Mengelola Log J.611000.018.01 Memperbaiki Kerusakan Konfigurasi
Jaringan
|
|
3.9 Menerapkan prosedur mendeteksi lalu lintas packet data dalam jaringan
|
4.9
Mendeteksi lalu lintas packet
data dalam jaringan
|
12
|
|
|
3.10 Menerapkan prosedur pencegahan gangguan lalu lintas packet data dalam
jaringan
|
4.10
Melaksanakan pencegahan
gangguan lalu lintas packet data dalam jaringan
|
12
|
J.611000.020.01
Mengoptimalkan Kinerja Sistem Jaringan
|
|
3.11 Menerapkan prosedur keamanan jaringan menggunakan Secure Socket Layer
(SSL)
|
4.11
Membangun keamanan jaringan
menggunakan Secure Socket Layer (SSL)
|
12
|
J.611000.015.01
Memonitor Keamanan dan Pengaturan Akun
Pengguna dalam Jaringan Komputer |
Perekayasaan Jaringan Luas (WAN Engineering)
|
3.12 Mengevaluasi data log file
|
4.12
Merumuskan tindakan
berdasarkan data hasil analisis data log file
|
12
|
J.62090.020
Mengelola Log J.611000.018.01 Memperbaiki Kerusakan Konfigurasi
Jaringan
|
CEH
Diusulkan skema baru kluster “Pengelola
Keamanan Jaringan ( Network Security) ”
|
3.13 Menerapkan prosedur tunneling pada jaringan komputer
|
4.13
Membangun tunneling pada
jaringan komputer
|
16
|
|
|
3.14 Menganalisis permasalahan tunneling pada jaringan komputer
|
4.14
Memperbaiki permasalahan
tunneling pada jaringan komputer
|
16
|
|
|
3.15 Mengevaluasi tunneling pada jaringan komputer
|
4.15
Menyimpulkan hasil
tunneling pada jaringan komputer
|
12
|
|
|
3.16 Memahami konsep ethical Hacking
|
4.16
Mempresentasikan konsep
ethical Hacking
|
16
|
|
|
3.17 Menerapkan prosedur footprinting
|
4.17
Mempraktikkan teknik footprinting
|
16
|
|
|
3.18 Menganalisis permasalahan footprinting
|
4.18
Memperbaiki permasalahan
footprinting
|
16
|
|
|
3.19 Menerapkan prosedur berbagai teknik hacking
|
4.19
Mempraktikkan berbagai
teknik hacking pada jaringan komputer
|
16
|
|
|
3.20 Mengevaluasi berbagai teknik hacking
|
4.20
Menyimpulkan kelebihan dan
kekurangan berbagai teknik hacking
|
12
|
|
|
3.21 Menganalisis permasalahan berbagai teknik hacking
|
4.21
Memperbaiki permasalahan
berbagai teknik hacking
|
16
|
|
|
3.22 Mengevaluasi hasil berbagai hacking
|
4.22
Merumuskan tindakan
berdasarkan data hasil hacking
|
24
|
|
|
3.23 Menerapkan prosedur penanganan hacking
|
4.23
Mempraktikkan penanganan
terhadap hacking
|
32
|
|
|
3.24 Menganalisis permasalahan penanganan hacking
|
4.24
Memperbaiki permasalahan
penanganan hacking
|
32
|
|
|
3.25 Mengevaluasi penanganan hacking
|
4.25
Merumuskan tindakan
berdasarkan data hasil penanganan hacking
|
32
|
|
|
3.26 Memahami konsep sistem hardening
|
4.26
Mempresentasikan konsep sistem hardening
|
24
|
|
|
3.27 Menerapkan prosedur instalasi sistem hardening
|
4.27
Membangun sistem hardening
|
32
|
|
|
3.28 Menerapkan prosedur konfigurasi sistem hardening
|
4.28
Mempraktikkan konfigurasi konsep sistem hardening
|
32
|
|
|
3.29 Menganalisis permasalahan konfigurasi sistem hardening
|
4.29
Memperbaiki permasalahan
konfigurasi sistem hardening
|
32
|
|
|
3.30 Mengevaluasi konfigurasi sistem hardening
|
4.30
Merumuskan prosedur baru
mengkonfigurasi sistem hardening
|
32
|
|
|
JUMLAH JAM
PEMBELAJARAN
|
552
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar