Mata Pelajaran : Pembentukan dengan Teknik Cetak
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Keramik (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Keramik (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Keramik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Keramik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Keramik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Keramik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami bahan dan alat pembuatan model dan
cetakan
|
4.1
Mempresentasikan bahan dan alat pembuatan model dan cetakan
|
12
|
KRA.KRM.014
(1) A
Membentuk
dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.2 Menerapkan Prosedur K3
dalam proses produksi keramik
|
4.2
Melaksanakan
prosedur K3
dalam proses produksi keramik
|
12
|
||
3.3 Menerapkan prosedur pembuatan model cetakan
keramik
|
4.3
Membuat model cetakan keramik
|
12
|
KRA.KRM.014
(1) A
Membentuk
dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.4
Menerapkan prosedur pembuatan cetakan
keramik satu bagian untuk teknik cetak
padat
|
4.4
Membuat cetakan keramik satu
bagian untuk teknik cetak padat
|
32
|
KRA.KRM.014
(1) A
Membentuk
dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.5
Menerapkan prosedur pembuatan cetakan
keramik dua bagian atau lebih
untuk teknik cetak tuang dan teknik cetak padat
|
4.5
Membuat cetakan keramik dua
bagian atau lebih untuk teknik cetak padat
|
42
|
KRA.KRM.014
(1) A
Membentuk
dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.6 Menganalisis hasil pembuatan cetakan keramik
|
4.6
Menyajikan hasil analisis pembuatan cetakan keramik
|
12
|
KRA.KRM.014
(1) A
Membentuk
dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
4.7
Mencetak keramik teknik cetak padat
|
42
|
KRA.KRM.014 (1) A
Membentuk dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
|
3.8 Menerapkan prosedur
pembuatan dekorasi pada proses pembentukan
nerikomi
|
24
|
|||
3.9 Menerapkan prosedur
dekorasi pada proses pembentukan
teknik agateware
|
24
|
|||
3.10 Menganalisis hasil pembuatan benda keramik dengan teknik cetak
padat.
|
4.10 Menyajikan hasil analisis pembuatan benda keramik
dengan teknik cetak padat
|
12
|
KRA.KRM.014
(1) A
Membentuk
dengan teknik cetak tekan
|
Pembentukan Benda Keramik
|
4.11 Mempresentasikan bahan dan alat pembuatan model
dan cetakan cetak tuang
|
12
|
|||
3.12 Menerapkan Prosedur K3
dalam proses produksi keramik
|
4.12 Melaksanakan prosedur K3 dalam proses produksi keramik
|
12
|
||
3.13 Menerapkan prosedur pembuatan model cetakan untuk cetak tuang
|
4.13 Membuat model cetakan untuk cetak tuang
|
32
|
||
3.14
Menerapkan prosedur pembuatan cetakan
keramik dua bagian atau lebih
untuk teknik cetak tuang
|
4.14 Membuat cetakan keramik dua bagian atau lebih untuk teknik cetak tuang
|
58
|
||
3.15 Menganalisis hasil pembuatan cetakan keramik untuk cetak tuang
|
4.15 Menyajikan hasil analisis pembuatan cetakan keramik untuk cetak tuang
|
16
|
||
3.16 Menerapkan bahan-bahan glasir keramik bakaran tinggi
|
4.16 Membuat resep glasir keramik bakaran tinggi
|
16
|
||
4.17 Mencetak keramik dengan teknik cetak tuang
|
42
|
|||
3.18 Menerapkan prosedur
dekorasi leather hard teknik ukir (carving)
|
32
|
|||
3.19 Menerapkan prosedur
dekorasi leather hard teknik toreh
isi (inlay)
|
16
|
|||
3.20 Menerapkan prosedur pembakaran
keramik glasir bakaran tinggi
|
4.20 Membakar glasir benda
keramik bakaran tinggi
|
16
|
||
3.21 Mengevaluasi pembuatan benda keramik
dengan teknik cetak tuang
|
4.21 Membuat laporan evaluasi pembuatan benda keramik dengan teknik cetak tuang
|
12
|
||
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
488
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar