Mata Pelajaran : Pengembangan Bisnis Busana
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Desain Fesyen (4 Tahun)
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Desain Fesyen (4 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Fesyen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Fesyen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKAI
|
3.1Menganalisis pangsa pasar usaha
busana
|
4.1 Membuat usaha busana
|
24
|
|
|
3.2 Menganalisis pembelian
bahan untuk satu koleksi busana
|
4.2 Melakukan pembelian bahan baku untuk pembuatan satu koleksi busana
|
24
|
|
|
3.3 Menganalisis desain
busana sesuai bahan baku yang ada
|
4.3 Melakukan pembuatan desain busana sesuai bahan baku yang ada
|
24
|
|
|
3.4 Menganalisis administrasi meliputi; langkah awal produksi dan akhir produksi
|
4.4 Membuat administrasi meliputi; langkah awal produksi
dan akhir produksi
|
18
|
|
|
3.5 Mengevaluasi produksi usaha busana
|
4.5 Melakukan produksi usaha busana
|
18
|
|
|
3.6 Memberikan bantuan
untuk pelanggan internal dan external
|
4.6 Mengklasifika sikan
bantuan untuk pelanggan internal dan external
|
18
|
Memberikan Layanan Secara Prima Kepada pelanggan
|
Operator Seniour
|
3.7 Mengevaluasi pengemasan produk busana
|
4.7 Melakukan pengemasan
produk busana
|
18
|
|
|
3.8Mengevaluasi biaya produksi dan menghitung laba
yang ditentukan
|
4.8 Melakukan
perhitungan biaya produksi dan laba yang ditentukan
|
24
|
|
|
3.9 Menganalisis sasaran pangsa pasar yang ditarget
|
4.9 Melakukan pemasaran
pada target pangsa pasar
|
24
|
Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang
Beragam (Customer Care)
|
Operator Senior
|
3.10 Mengevalu asi
laporan hasil usaha busana
|
4.10 Membuat laporan hasil usaha busana
|
24
|
Melakukan Pekerjaan Dalam Lingkungan Sosial yang
Beragam (Customer Care)
|
Operator Senior
|
3.11 Menganalisis usaha modiste pakaian anak
|
4.11 Melakukan produksi modiste
pakaian anak
|
18
|
|
|
3.12 Menganalisis usaha modiste pakaian wanita
|
4.12 Melakukan produksi modiste
pakaian wanita
|
24
|
|
|
3.13 Menganalisis usaha tailoring
|
4.13 Melakukan produksi tailoring
|
24
|
|
|
3.14 Menganalisis usaha atelier
|
4.14 Melakukan usaha atelier
|
18
|
|
|
3.15 Menganalisis usaha butik
|
4.15 Melakukan produksi butik
|
24
|
|
|
3.16 Menganalisis usaha konveksi pakaian anak
|
4.16 Melakukan produksi konveksi
pakaian anak
|
24
|
|
|
3.17 Menganalisis usaha konveksi pakaian wanita
|
4.17 Melakukan produksi konveksi
pakaian wanita
|
24
|
|
|
3.18 Menganalisis usaha konveksi pakaian pria
|
4.18 Melakukan produksi konveksi
pakaian pria
|
24
|
|
|
3.19 Menganalisis usaha perantara busana
|
4.19 Melakukan usaha perantara
busana
|
24
|
|
|
Jumlah
|
420
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar