KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi
dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi
dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami
logika dan algoritma komputer
|
4.1
Menggunakan fungsi-fungsi Perintah
(Command)
|
6
|
TIK.PR02.001.01
|
Programmer Komputer
|
3.2 Menerapkan
metode peta minda
|
4.2
Membuat peta-minda
|
3
|
Hanya sebatas pengetahuan dasar,
tidak perlu diujikan
|
|
3.3 Menentukan
paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
|
4.3
Memformat dokumen pengolah kata
|
6
|
TIK.OP02.004.01
TIK.OP02.012.01
TIK.JK01.008.01
|
● Operator
Komputer
● Jaringan
Komputer dan Sistem Administrasi
|
3.4 Menerapkan
logika, dan operasi perhitungan data
|
4.4
Mengoperasikan perangkat lunak
pengolah angka
|
9
|
TIK.OP02.005.01
TIK.OP02.013.01
|
● Operator
Komputer
|
3.5 Menerapkan
fitur yang tepat untuk pembuatan slide
|
4.5
Membuat slide presentasi
|
9
|
TIK.OP02.011.01
TIK.CS01.002.01
TIK.CS01.001.01
|
● Operator
Komputer
● CTC
|
3.6 Menyeleksi
teknik presentasi yang efektif
|
4.6
Melakukan presentasi yang efektif
|
6
|
TIK.CS01.001.01
|
CTC
|
3.7 Menerapkan
cara pembuatan E-book
|
4.7
Menyusun E-book dengan perangkat
lunak E-book Editor
|
6
|
Hanya sebatas pengetahuan dasar,
tidak perlu diujikan
|
|
4.8
Menerapkan (mencoba) etika
Kewargaan Digital
|
3
|
TIK.OP02.014.01
TIK.JK01.004.01
TIK.CS01.011.01
|
● Operator
Komputer
● Jaringan
Komputer dan Sistem Administrasi
● CTC
|
|
3.9 Menerapkan
teknik penelusuran Search Engine
|
4.9
Melakukan penelusuran informasi
|
6
|
TIK.OP02.006.01
|
Operator Komputer
|
3.10 Menerapkan
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan.
|
4.10 Melakukan
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
9
|
TIK.OP02.006.01
|
Operator Komputer
|
3.11 Menilai
fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
4.11 Melakukan
pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) sebagai peserta
|
9
|
Hanya sebatas pengetahuan dasar,
tidak perlu diujikan
|
|
3.12 Merancang
dokumen tahap pra-produksi.
|
4.12 Membuat
dokumen tahap pra-produksi
|
12
|
TIK.JK01.007.01
TIK.JK01.008.01
TIK.MM01.001.01
TIK.MM01.008.01
TIK.MM02.002.01
TIK.MM02.005.01
|
● Jaringan
Komputer dan Sistem Administrasi
● Multimedia
|
3.13 Menerapkan
proses produksi video, animasi dan/atau musik digital.
|
4.13 Memroduksi
video dan/atau animasi dan/atau musik digital
|
15
|
TIK.CS02.006.01
TIK.MM01.009.01
|
● CTC
● Multimedia
|
3.14 Menerapkan
tahapan pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital.
|
4.14 Melakukan
pekerjaan tahapan pasca-produksi
|
9
|
TIK.MM01.007.01
TIK.MM02.004.01
|
Multimedia
|
JUMLAH
JAM
|
108
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar