Senin, 04 Juni 2018

C1. Simulasi dan Komunikasi Digital

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Memahami logika dan algoritma komputer
4.1     Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)
6
TIK.PR02.001.01
Programmer Komputer
3.2      Menerapkan metode peta minda
4.2     Membuat peta-minda
3
Hanya sebatas pengetahuan dasar, tidak perlu diujikan

3.3      Menentukan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
4.3     Memformat dokumen pengolah kata
6
TIK.OP02.004.01
TIK.OP02.012.01
TIK.JK01.008.01

     Operator Komputer
     Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi

3.4      Menerapkan logika, dan operasi perhitungan data
4.4     Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
9
TIK.OP02.005.01
TIK.OP02.013.01
     Operator Komputer

3.5      Menerapkan fitur yang tepat untuk pembuatan slide
4.5     Membuat slide presentasi
9
TIK.OP02.011.01
TIK.CS01.002.01
TIK.CS01.001.01
     Operator Komputer
     CTC
3.6      Menyeleksi teknik presentasi yang efektif
4.6     Melakukan presentasi yang efektif
6
TIK.CS01.001.01
CTC
3.7      Menerapkan cara pembuatan E-book
4.7     Menyusun E-book dengan perangkat lunak E-book Editor
6
Hanya sebatas pengetahuan dasar, tidak perlu diujikan

3.8      Memahami konsep Kewargaan Digital
4.8     Menerapkan (mencoba) etika Kewargaan Digital
3
TIK.OP02.014.01
TIK.JK01.004.01
TIK.CS01.011.01
     Operator Komputer
     Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
     CTC
3.9      Menerapkan teknik penelusuran Search Engine
4.9     Melakukan penelusuran informasi
6
TIK.OP02.006.01
Operator Komputer
3.10   Menerapkan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan.
4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
9
TIK.OP02.006.01
Operator Komputer

3.11   Menilai fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11 Melakukan pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) sebagai peserta
9
Hanya sebatas pengetahuan dasar, tidak perlu diujikan

3.12   Merancang dokumen tahap pra-produksi.
4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
12
TIK.JK01.007.01
TIK.JK01.008.01
TIK.MM01.001.01
TIK.MM01.008.01
TIK.MM02.002.01
TIK.MM02.005.01

     Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi
     Multimedia
3.13   Menerapkan proses produksi video, animasi dan/atau musik digital.
4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
15
TIK.CS02.006.01
TIK.MM01.009.01
     CTC
     Multimedia
3.14   Menerapkan tahapan pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital.
4.14 Melakukan pekerjaan tahapan pasca-produksi
9
TIK.MM01.007.01
TIK.MM02.004.01
Multimedia
JUMLAH JAM
108


Tidak ada komentar:

Posting Komentar