Senin, 04 Juni 2018

1.1.4 C2 Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Dasar-Dasar Konstruksi Dan Teknik Pengukuran Tanah
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1.   Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup K3LH pada pekerjaan bangunan
4.1     Melaksanakan K3LH pada pekerjaan bangunan
7 JP
Menerapkan Ketentuan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan Lingkungan Kerja
INA.5200.222.01.01.06
Departemen Pekerjaan Umum, Mandor Tukang Batu/Bata
3.2.   Memahami jenis-jenis konstruksi/ bangunan (bangunan gedung, jalan dan jembatan)

4.2     Menyajikan jenis-jenis konstruksi/ bangunan (bangunan gedung, jalan dan jembatan)

7 JP


3.3.   Memahami spesifikasi dan karakteristik kayu
4.3     Mempresentasikan spesifikasi dan karakteristik kayu

7 JP


3.4.   Memahami spesifikasi dan karakteristik beton.
4.4     Mempresentasikan spesifikasi dan karakteristik beton.

7 JP


3.5.   Memahami spesifikasi dan karakteristik baja.

4.5     Mempresentasikan spesifikasi dan karakteristik baja.

7 JP


3.6.   Menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi beton
4.6     Melaksanakan pekerjaan konstruksi beton
14 JP


3.7.   Menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi baja
4.7     Melaksanakan pekerjaan konstruksi baja
14 JP


3.8.   Menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi kayu
4.8     Melaksanakan pekerjaan konstruksi kayu
14 JP


3.9.   Menerapkan prosedur pekerjaan tanah
4.9     Melaksanakan pekerjaan tanah
14 JP


3.10.   Menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi batu
4.10 Melaksanakan pekerjaan konstruksi batu
14 JP


3.11.   Memahami jenis-jenis alat berat pada pekerjaan konstruksi.
4.11 Mempresentasikan jenis-jenis alat berat pada pekerjaan konstruksi.
7 JP


3.12.   Menganalisis penggunaan material dan alat untuk pekerjaan konstruksi.
4.12 Merencanakan penggunaan material dan alat untuk pekerjaan konstruksi.
14 JP


3.13.   Mengevaluasi pekerjaan konstruksi
4.13 Melakukan perbaikan hasil pekerjaan konstruksi
14 JP


3.14.   Menerapkan prinsip-prinsip teknik pengukuran tanah.
4.14 Melaksanakan pengukuran sesuai dengan prinsip-prinsip ukur tanah
14 JP


3.15.   Menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup K3LH pekerjaan ukur tanah
4.15 Melaksanakan keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan hidup K3LH pekerjaan ukur tanah
7 JP
Menggunakan Perlengkapan K3, Menerapkan teknik dan cara Pengukuran yang aman, Menerapkan Peraturan K3
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.16.   Menerapkan prosedur pengoperasian jenis-jenis peralatan survei dan pemetaan.
4.16 Mengoperasi-kan peralatan  survey dan pemetaan
7 JP
Mengoperasikan Alat Ukur
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.17.   Menerapkan prosedur pekerjaan survey dan pemetaan sederhana
4.17 Melaksanakan pekerjaan  survey dan pemetaan sederhana
14 JP


3.18.   Menerapkan  teknik pengoperasian alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).
4.18 Melaksanakan pengukuran dengan alat sipat datar (leveling) dan alat sipat ruang (theodolit).
28 JP
Melaksanakan Pengukuran Untuk Menentukan Posisi suatu Titik secara Vertikal dan Horisontal
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.19.   Menerapkan  teknik perawatan dan pengecekan jenis optic
4.19 Melakukan perawatan dan pengecekan alat jenis optik.
7 JP
Menentukan kelaikan alat ukur yang akan digunakan
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.20.   Menerapkan proses pengecekan kebenaran data pengukuran
4.20 Melakukan pengecekan kebenaran data pengukuran
7 JP
Menghitung jarak, azimut, luas, volume
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.21.   Menerapkan teknik pengukuran dan pematokan (staking out)
4.21 Melakukan pengukuran dan pematokan (staking out) sesuai gambar kerja konstruksi
14 JP
Melakukan Staking out
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
3.22.   Menganalisis data hasil pengukuran.
4.22 Membuat laporan hasil pengukuran
7 JP


3.23.   Mengevaluasi  hasil pengukuran berupa gambar kerja untuk pekerjaan konstruksi
4.23 Memperbaiki hasil pengukuran berupa gambar kerja untuk pekerjaan konstruksi
7 JP
Menghitung jarak, azimut, luas, volume
INA.5211.211.02
Juru Ukur Tanah
(Departemen Pekerjaan Umum)
Jumlah Jam Pelajaran
252 JP



1 komentar: