KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata, Kuliner, Tata Kecantikan, dan Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata, Perhotelan,
Tata Boga, Kecantikan Kulit dan Rambut, dan Tata Busana (3 Tahun)
Mata Pelajaran : IPA Terapan (C1)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata, Kuliner, Tata Kecantikan, dan Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata, Perhotelan,
Tata Boga, Kecantikan Kulit dan Rambut, dan Tata Busana (3 Tahun)
Mata Pelajaran : IPA Terapan (C1)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja IPA Terapan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja IPA Terapan.
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1.
Menerapkan besaran fisika
|
4.1.
Mengukur besaran-besaran fisika yang digunakan
di bidang pariwisata
|
6 jam
|
3.2.
Menganalisis hubungan gaya, usaha, dan energi
dalam masalah gerak
|
4.2.
Memecahkan masalah gerak benda di bidang
pariwisata berdasarkan konsep gaya, usaha, dan energi
|
6 jam
|
3.3.
Menganalisis elatisitas dan
tegangan permukaan
|
4.3.
Melakukan percobaan elastisitas dan tegangan permukaan di
bidang pariwisata
|
6 jam
|
3.4.
Menganalisis hubungan suhu dan kalor
|
4.4.
Melakukan percobaan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu,
wujud, dan bentuk benda di bidang pariwisata
|
6 jam
|
3.5.
Menerapkan besaran listrik
|
4.5.
Menghitung biaya energi listrik yang digunakan
berdasarkan pemakaian dan teknologi alat-alat elektonik di bidang pariwisata.
|
9 jam
|
3.6.
Menganalisis materi dan perubahannya
|
4.6.
Melakukan
percobaan perubahan materi dan pemisahan campuran di bidang pariwisata
|
12 jam
|
3.7.
Menganalisis larutan dan konsentrasi
larutan
|
4.7.
Membuat larutan pada konsentrasi
tertentu di bidang pariwisata
|
9 jam
|
3.8.
Menganalisis asam, basa, dan garam
|
4.8.
Melakukan percobaan sifat asam,
basa, dan garam di bidang pariwisata
|
6 jam
|
3.9.
Mengevaluasi sistem
koloid
|
4.9.
Melakukan percobaan untuk
membuktikan sistem koloid di bidang pariwisata
|
9 jam
|
3.10.
Menganalisis reaksi oksidasi dan reduksi
|
4.10.
Melakukan percobaan
reaksi oksidasi dan reduksi di bidang pariwisata
|
6 jam
|
3.11.
Menganalisis makromolekul
|
4.11.
Menguji secara kualitatif kandungan karbohidrat, protein
dan lemak dalam
bahan yang digunakan di bidang pariwisata
|
15 jam
|
3.12.
Memahami sifat,
jenis, dan dampak penggunaan polimer
|
4.12.
Melakukan identifikasi
dampak dari penggunaan polimer di bidang
pariwisata
|
6 jam
|
3.13.
Menganalisis dampak pencemaran terhadap keseimbangan ekosistem
|
4.13.
Melakukan penanganan limbah di bidang
pariwisata untuk menjaga keseimbangan ekosistem
|
12 jam
|
Jumlah
|
108 jam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar