Jumat, 25 Mei 2018

C1. Biologi Kesehatan SMK 4 Tahun

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan sosial
Program Keahlian :
4.1 Keperawatan
4.2 Kesehatan gigi
4.3 Teknologi laboratorium medik
4.4 Farmasi
4.5 Pekerjaan sosial
Kompetensi Keahlian :
4.1.1 Asisten keperawatan
4.2.1 Dental asisten
4.3.1 Teknologi laboratorium medik
4.4.1 Farmasi klinis dan komunitas
4.4.2 Farmasi industri
4.5.2 Caregiver (4 tahun)
Mata Pelajaran : Biologi kesehatan



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Biologi kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Biologi kesehatan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1      Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati.
4.1     Melakukan klasifikasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati.
10 JP
3.2      Menganalisis struktur dan fungsi anatomi tubuh manusia.
4.2     Menunjukkan hasil kajian struktur dan fungsi anatomi tubuh manusia.
12 JP
3.3      Menganalisis virus berdasarkan ciri, sifat, dan fungsinya.
4.3     Mengintegrasikan jenis-jenis virus berdasarkan ciri ,sifat dan fungsinya.
6 JP
3.4      Menganalisis archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri,sifat dan fungsinya.
4.4     Membedakan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan  ciri,sifat dan fungsinya.
6 JP
3.5      Menganalisis jamur berdasarkan ciri, sifat dan fungsinya.
4.5     Membedakan jamur berdasarkan ciri,sifat dan fungsinya.
6 JP
3.6      Mendiagnosis metabolisme dan enzim.
4.6     Menggunakan konsep metabolisme dan enzim di bidang kesehatan
8 JP
3.7      Mengidentifikasi klasifikasi sel, jaringan,organ tubuh manusia dan hewan.
4.7     Menunjukkan klasifikasi sel, jaringan, organ tubuh manusia dan hewan.
8 JP
3.8      Menerapkan pengembangan bioteknologi serta manfaat dan dampaknya dalam masyarakat.
4.8     Menggunakan  pengembangan bioteknologi serta manfaat dan dampaknya di masyarakat dalam memecahkan masalah-masalah di bidang kesehatan.
8 JP
3.9      Menganalisis sistem reproduksi pada manusia.
4.9     Mengintegrasikan antara organ dengan proses reproduksi manusia di bidang kesehatan.
8 JP
Jumlah
72 JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar