KI dan KD Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Revisi 2017 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Teknik Mesin Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Teknik Pemesinan Bubut
Jam Pelajaran : 422 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan (C3)
Mata Pelajaran : Teknik Pemesinan Bubut
Jam Pelajaran : 422 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Mesin pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Mesin. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Mesin pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Mesin. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami bagian-bagian mesin bubut berdasarkan jenis dan fungsinya
|
4.1 Mengidenti fikasi bagian- bagian mesin bubut berdasarkan jenis
dan fungsinya
|
3.2 Memahami handel-handel
yang
tersedia pada mesin untuk pembubutan
|
4.2 Mengidenti fikasi handel-
handel
yang tersedia pada mesin untuk pembubutan
|
3.3 Memahami mesin mesin bubut untuk jenis
pekerjaan tertentu yang disyaratkan
|
4.3 Menidentifi kasi mesin bubut untuk jenis
pekerjaan tertentu yang disyaratkan
|
3.4 Menganalisis kecepatan putar mesin bubut
untuk berbagai
kecepatan
potong bahan
|
4.4 Menggunakan kecepatan putar mesin bubut untuk berbagai
kecepatan
potong bahan
|
3.5 Mengevaluasi kecepatan
putaran
mesin berdasarkan tabel yang tersedia untuk pemotongan/pembubutan
|
4.5 Menentukan kecepatan
putaran
mesin berdasarkan tabel yang tersedia untuk pemotongan/ pembubutan
|
3.6 Memahami
alat potong mesin bubut
|
4.6 Mengidentifi kasi alat potong yang sesuai
untuk pekerjaan
membubut
|
3.7 Menganalisis alat potong
untuk
sesuai keperluannya
|
4.7 Menggunakan alat potong
sesuai
keperluannya
|
3.8 Menganalisis parameter
pemotongan
mesin bubut untuk berbagai jenis pekerjaan
|
4.8 Menggunakan parameter
pemotongan
mesin bubut untuk berbagai jenis pekerjaan
|
3.9 Menganalisis berbagai jenis pekerjaan pada
pemesinan
bubut
|
4.9 Menggunakan teknik pemesinan bubut untuk
berbagai
jenis pekerjaan
|
3.10 Menerapkan
prosedur teknik
membubut eksentrik
|
4.10 Membuat poros eksentrik
menggunakan
mesin bubut
|
3.11
Menerapkan
prosedur teknik
membubut
bentuk oval/handel mesin
|
4.11 Membuat bentuk oval/handel
mesin
dengan prosedur yang benar
|
3.12
Mengevaluasi
suaian untuk
pembubutan
komponen yang berpasangan
|
4.12 Menyajikan suaian untuk
membuat
komponen yang berpasangan
|
3.13 Merancang komponen
suaian yang berpasangan
|
4.13 Menentukan komponen yang berpasangan
|
3.14 Menerapkan prosedur
teknik membubut ulir segi empat untuk batang dan murnya
|
4.14 Membuat ulir segi empat luar dan dalam
|
3.15
Menerapkan
prosedur teknik
pembubutan
benda kerja
dengan
taper atachement
|
4.15 Membuat tirus mengguna kan
taper
atachement sesuai
prosedur
|
3.16 Menerapkan
prosedur teknik
pembuatan ulir
cacing
|
4.16 Membuat ulir cacing
|
3.17
Menganalisis
pembuatan
benda
kerja yang tak teratur yang
dibubut menggunakan
face
plate
|
4.17 Menentukan pembuatan benda
kerja
yang tak teratur menggunakan face plate
|
3.18
Menganalisis
pembubutan
benda kerja
yang panjang menggunakan kacamata jalan/tetap
|
4.18 Menentukan pembuatan benda
kerja yang
panjang menggunakan kacamata jalan/tetap
|
3.19 Menerapkan prosedur
teknik pembuatan benda kerja
rakitan,
dengan menggunakan berbagai cara
|
4.19 Membuat benda kerja rakitan yang komplek dengan
menggunakan
berbagai cara sesuai dengan prosedur.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar