Mata Pelajaran : Seni Lukis Dekoratif
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Seni Lukis (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Seni Lukis (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Lukis pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Lukis. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Lukis pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Lukis. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami corak seni
lukis dekoratif
|
3.1 Menyajikan corak seni lukis dekoratif
|
12
|
||
3.2
Menerapkan corak stilasi dalam seni
lukis dekoratif
|
3.2
Melukis dekoratif corak stilasi
|
24
|
Tidak ada dalam skema dan diusulkan skemanya
|
|
3.3
Menerapkan corak distorsi dalam seni
lukis dekoratif
|
3.3
Melukis dekoratif corak distorsi
|
24
|
Tidak ada dalam skema dan diusulkan skemanya
|
|
3.4
Menerapkan corak deformasi dalam seni
lukis dekoratif
|
3.4
Melukis dekoratif corak deformasi
|
24
|
Tidak ada dalam skema dan diusulkan skemanya
|
|
3.5
Menerapkan corak transformasi dalam seni
lukis dekoratif
|
3.5
Menerapkan dekoratif corak transformasi
|
24
|
Tidak ada dalam skema dan diusulkan skemanya
|
|
3.6
Menerapkan teknik kering dalam seni lukis dekoratif tradisional
|
3.6
Melukis dekoratif tradisional teknik
kering
|
42
|
KKSL01
Membuat Lukisan Tradisional pada Kertas
|
Pelukis objek tradisional
|
3.7
Menerapkan teknik basah dalam seni lukis dekoratif tradisional
|
3.7
Melukis dekoratif tradisional teknik
basah
|
42
|
KKSL01
Membuat Lukisan Tradisional pada Kertas
|
Pelukis objek tradisional
|
3.8
Mengevaluasi teknik kering dan teknik basah dalam seni lukis dekoratif tradisional
|
3.8
Mengembangkan seni lukis dekoratif tradisional teknik kering dan teknik basah
|
64
|
KKSL06 Membuat Lukisan Mixed media
|
Pelukis dekoratif tradisional mixed media
|
3.9
Memahami
konsep seni lukis dekoratif modern
|
4.9 Menyajikan konsep seni lukis dekoratif modern
|
12
|
||
3.10
Menerapkan teknik dekoratif modern
|
4.10 Melukis dengan teknik dekoratif modern
|
34
|
||
3.11
Menerapkan ragam media seni
lukis dekoratif modern
|
4.11
Melukis dekoratif modern dengan beragam media
|
34
|
||
3.12
Menerapkan
seni lukis dekoratif modern objek imajiner
|
4.12
Melukis dekoratif modern objek imajiner
|
34
|
||
3.13
Mengevaluasi
ragam media dan teknik karya seni lukis dekoratif modern
|
4.13
Mengembangkan
ragam media dan teknik karya seni lukis dekoratif modern
|
68
|
Tidak ada dalam skema dan diusulkan skemanya
|
|
3.14
Mengevaluasi
karya seni lukis dekoratif modern
|
4.14
Mengapresiasi karya seni lukis dekoratif modern
|
18
|
||
456
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar