KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian :
Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Seluruh Kompetensi
Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran : Bahasa Prancis
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Prancis pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Prancis.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
|
sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Membiasakan tindak tutur
menyapa, berpamitan,
mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf
(saluer, prendre
congé, re mercier et s’excuser ) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada teks interpersonal
dan teks transaksional tulis
dan lisan
|
4.1 Mendemonstrasikan tindak
tutur menyapa,
berpamitan, mengucapkan
terima kasih, dan meminta maaf (saluer, prendre
congé, re mercier et s’excuser ) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis
dan lisan
|
3.2 Memahami tindak tutur untuk menyatakan
jati diri dan deskripsi
fisik dari diri sendiri dan orang
lain (presenter son
identité
et
décrire quelqu’un) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan
lisan
|
4.2 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan
jati diri dan deskripsi fisik dari
diri
sendiri
dan orang lain (presenter
son identité
et
décrire quelqu’un) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.3 Melatih tindak
tutur untuk menyatakan
dan
menanyakan tentang informasi yang
berkaitan dengan ungkapan jam, hari, tanggal, bulan,
tahun dan angka serta huruf (heure,
jour, date, mois, année, saison et demander des informations
personnelles) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada
teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.3 Mempertunjukkan tindak tutur untuk menyatakan dan
menanyakan tentang informasi
yang berkaitan dengan ungkapan jam, hari, tanggal, bulan, tahun dan angka
serta huruf (heure, jour,
date, mois,
année, saison et demander
des informations personnelles)
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan
pada teks interpersonal
dan teks transaksional tulis dan lisan
|
3.4 Menerapkan tindak tutur untuk
menyatakan dan menanyakan
tentang benda-benda dan tempat umum, rambu-rambu, serta instruksi dan petunjuk arah (des
choses, des lieux publics,
signes, les panneaux,
les instructions
et
les direction)
dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur
kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan
lisan
|
4.4 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan
dan menanyakan tentang benda- benda dan tempat umum, rambu-rambu, serta instruksi dan
petunjuk arah (des choses, des lieux
publics, signes, les
panneaux, les instructions et les direction) dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, serta unsur
kebahasaan pada teks
interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.5 Menerapkan tindak tutur untuk
menyatakan dan menanyakan
|
4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyatakan
dan
|
tentang
kehidupan di sekolah
(la vie
scholaire, les matières,
les horaires et les gouts) dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan teks transaksional tulis dan
lisan
|
menanyakan tentang kehidupan
di sekolah (la vie scholaire, les matières,
les horaires et les
gouts)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.6 Menganalisis tindak tutur untuk
menyatakan dan menanyakan sifat
dan karakter benda serta orang dalam keluarga (la famille
: caractères
de personnes et de choses)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan
pada teks interpersonal dan teks
transaksional tulis dan lisan
|
4.6 Mengembangkan tindak tutur untuk menyatakan dan
menanyakan sifat dan
karakter benda serta orang dalam keluarga (la famille : caractères de personnes et de choses) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan
pada teks interpersonal
dan teks transaksional tulis dan lisan
|
3.7 Menerapkan tindak
tutur untuk meminta
perhatian,
mengecek pemahaman,
menghargai
kinerja yang baik, meminta dan mengungkapkan pendapat (demander et proposer
des opinions) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan
lisan
|
4.7 Menyusun kembali tindak
tutur untuk meminta perhatian,
mengecek pemahaman,
menghargai kinerja yang baik,
meminta dan mengungkapkan
pendapat (demander et proposer des opinions)
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, serta unsur
kebahasaan pada teks
interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.8 Menerapkan tindak
tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang aktivitas sehari-hari (activité quotidienne et
donner des explications) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan
lisan
|
4.8 Memodifikasi tindak tutur untuk
menyatakan dan menanyakan tentang aktivitas sehari-hari (activité quotidienne et
donner des explications)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.9 Menerapkan tindak
tutur untuk menyatakan
dan
menanyakan tentang kemampuan dan
kemauan
(la disponibilité
et
la volonté)
melakukan suatu tindakan dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
|
4.9 Mengombinasikan tindak tutur untuk menyatakan dan
menanyakan tentang kemampuan
dan kemauan (la disponibilité et
la
volonté) melakukan suatu tindakan dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur
kebahasaan pada teks
interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan lisan
|
3.10 Menganalisis bentuk bentuk
undangan dan ucapan selamat (invitation et f élicitation)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur
kebahasaan pada teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.10 Merancang
bentuk bentuk undangan dan
ucapan selamat (invitation
et
f élicitation) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan
pada teks interpersonal
dan teks transaksional tulis dan lisan
|
3.11 Menganalisis bentuk
komunikasi pesan singkat
dan pengumuman/
pemberitahuan (messages
courts et annonces) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada teks
interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.11 Merumuskan bentuk
komunikasi pesan
singkat dan pengumuman/ pemberitahuan
(messages courts
et
annonces) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, serta unsur
kebahasaan pada teks interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.12 Memahami wacana
sederhana tentang prosedural panduan
penggunaan alat dan manual
(texte procedural)
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks
interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.12 Merumuskan wacana sederhana tentang prosedural
panduan penggunaan alat dan
manual (texte
procedural) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada
teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis
dan lisan
|
3.13 Membandingkan tindak
tutur
untuk menyatakan
dan menanyakan keharusan
dan himbauan (obligation
et sugession) dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.13 Merumuskan tindak
tutur
untuk menyatakan
dan menanyakan keharusan
dan himbauan (obligation et sugession)
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.14 Menerapkan tindak tutur untuk menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan (objectif) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks
interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.14 Merancang kembali tindak
tutur untuk menyatakan
dan menanyakan tentang maksud
dan tujuan (objectif) dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.15 Mengekspresikan tindak
tutur untuk menyuruh dan melarang (demander quelqu’un de faire quelque chose et interdiction)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta
|
4.15 Memodifikasi tindak
tutur untuk menyuruh
dan
melarang (demander quelqu’un de faire
quelque chose et interdiction)
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta
|
unsur kebahasaan
pada teks
interpersonal dan teks transaksional tulis
dan lisan
|
unsur kebahasaan pada teks
interpersonal
dan teks transaksional
tulis
dan lisan
|
3.16 Melatih
tindak tutur untuk
menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian pada waktu yang akan datang (indicative futur) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, serta
unsur kebahasaan pada teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.16 Mengimplementasikan tindak
tutur untuk menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/
kejadian pada waktu yang akan datang
(indicative futur) dengan
memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks
interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.17 Melatih kembali tindak tutur untuk
menyatakan
dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (indicatif passé compose) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks,
serta unsur kebahasaan pada teks
interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.17 Mengimplementasikan tindak
tutur untuk menyatakan dan
menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi
di waktu lampau (indicatif passé compose) dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
3.18 Mengevaluasi
beragam bentuk wacana khusus bidang keahlian profesional dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal
dan teks transaksional
tulis dan lisan
|
4.18 Memproduksi beragam bentuk wacana khusus
bidang keahlian profesional dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, serta unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan
teks
transaksional tulis dan
lisan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar