Selasa, 24 April 2018

KI & KD Bahasa Mandarin kur2013 rev 2017


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian                  : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian                : Seluruh Program Keahlian

Kompetensi Keahlian           : Seluruh Kompetensi Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran                     : Bahasa Mandarin
Jam Pelajaran                      : 488 JP (@ 45 Menit)



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi  sikap  sosial  yaitu,  Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan,  dan  budaya  sekolah,  dengan  memperhatikan  karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Mandarin pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Mandarin.

Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1  Memahami, dan mengidentifikasi bunyi pelafalan 汉语 拼音 ( 声母, 韵母 和声调 ) ujaran kata, frasa
atau kalimat dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat.

4.1 Mendemonstrasikan pelafalan bunyi 汉语拼音( 声母, 韵母 和声 调, ujaran kata, frasa atau
kalimat dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat.

3.2  Memahami tindak tutur
menyapa ( 问好 ), berpamitan (
), mengucapkan terima kasih
( 说感谢), dan meminta maaf ( 抱 歉), serta bagaimana
meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis.

4.2 Memproduksi teks sederhana mengenai tindak tutur menyapa
( 问好 ), berpamitan ( 再见)
mengucapkan terima kasih ( 说感 谢), dan meminta maaf ( 抱歉),
serta bagaimana meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis.

3.3  Mengaplikasikan cara memberi tahu dan meminta informasi
terkait identitas diri ( 个人信息 )
(meliputi nama ( ), usia
( ), alamat ( 地址 ), nomor telepon (电话号码 ), Email, asal
daerah, kelas ( 班级) dan sekolah
学校生), sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.3 Menyusun cara memberi tahu dan meminta informasi terkait
identitas diri 个人信息 (meliputi
nama( ), usia ( ), alamat
( 地址 ), nomor telepon (电话号
), Email, asal daerah, kelas 班 级 dan sekolah 学校生), sesuai
dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.4  Menerapkan ungkapan terkait topik nama nama hari ( 星期 ), tanggal ( ), bulan ( ), tahun
( ), dan jam ( waktu ) ( / 时 间 ) dalam tindak tutur memberi
dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.4   Mengkomunikasikan ungkapan terkait topik nama nama hari ( 星 期 ), tanggal ( ), bulan ( ), tahun( ), jam ( waktu ) ( / 时 间 )dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.5  Mengidentifikasi sebutan, sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai

4.5 Mendemonstrasikan sebutan, sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai
dengan konteks penggunaannya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
dengan konteks penggunaannya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.6  Menganalisis kegiatan yang sudah dilakukan sedang
dilakukan dan ingin dilakukan dalam kegiatan sehari-hari sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.6 Mengkomunikasikan kegiatan yang sudah di lakukan, sedang dilakukan dan ingin di lakukan dalam kegiatan sehari- hari,sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.7  Memahami cara mengutarakan keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.7 Mengimplementasikan cara mengutarakan keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan meminta informasi sesuai
dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.8  Mengidentifikasikan nama nama arah ( 方向 ), letak suatu tempat
dan benda sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.8 Mendemonstrasikan cara menyebutkan arah ( 方向 ), letak
suatu tempat dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.9  Menganalisis cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai dengan
konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.10  Menerapkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.10 Mengembangkan ungkapan terkait pesan singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaanpada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
3.11  Mendeskripsikan terkait topik tindakakan instruksi (
instruction) dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
4.11 Mendeskripsikan terkait topik tindakakan instruksi (
instruction), tanda dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.12  Menganalisis teks prosedur sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial,stuktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.12 Memformulasikan teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.13  Mengidentifikasi cara memberi tahu fakta dan rencana terkait topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.13 Mendemonstrasikan cara memberi tahu fakta terkait topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.14  Mengidentifikasi penggunaan kata 一点儿,有点儿,要, 想, 能, 会,就, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.14 Mengevaluasi penggunaan kata 一点儿,有点儿,要, 想, 能, 会,就, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.15  Menganalisis ungkapan yang menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya secara lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.

4.15 Mendemonstrasikan ungkapan yang menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya secara lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.

3.16  Mengidentifikasi tentang jenis jenis alat transportasi dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

4.16 Mendemonstrasikan terkait topik jenis jenis alat transportasi dalam tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.

3.17  Menerapkan terkait topik

4.17 Mengkomunikasikan terkait
harapan atau doa dan ucapan
selamat atas suatu prestasi, serta cara meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.
topik harapan atau doa dan
ucapan selamat atas suatu prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks lisan dan
tulis.

3.18  Menganalisis ungkapan terkait topik meminta dan menawarkan barang dan jasa,
serta cara meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.

4.18 Menyajikan teks sederhana terkait topik meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta cara meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.

3.19  Menerapkan ungkapan terkait topik wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.

4.19 Mempresentaikan teks sederhana terkait topik wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar